Belajar HTML 2: memilih text editor

text editor untuk pemrograman

Text editor merupakan kebutuhan penting dan wajib yang harus di miliki oleh seorang programmer.

Tentunya dengan adanya text editor, dapat menjadi penunjang dalam melakukan aktivitas pemrograman, karena setiap baris kode yang kita tulis sudah pasti menggunakan text editor.

Text editor di komputer dan android

Sekarang ini, penggunaan text editor tidak hanya selalu menggunakan perangkat komputer saja, akan tetapi telah ada juga text editor yang berjalan di sistem operasi android.

Jadi jika kamu hanya mempunyai perangkat android saja, jangan khawatir jika belum memiliki komputer/laptop.

Berikut aplikasi text editor yang dapat digunakan baik itu untuk komputer maupun smartphone android.

1. text editor di komputer/laptop

Ada 5 text editor di komputer yang biasanya digunakan dalam dunia pemrograman termasuk untuk menulis kode-kode html.

1. Visual Studio Code

visual studio code by staykoding

Visual studio code adalah sebuah text editor yang saat ini sangat populer dan banyak digunakan oleh para programmer, baik itu dari tingkat pemula maupun yang sudah profesional sekalipun.

Itu semua berkat banyaknya fitur yang menjadi pendukung untuk membantu mempermudah penulisan setiap kode atau sintaks bahasa pemrograman.

Visual studio code lahir atau dirilis oleh microsoft untuk pertama kali pada tahun 2015, serta telah mendukung banyak sistem operasi di komputer seperti windows, linux maupun mac os.

2. Sublime Text

sublime text by staykoding

Sublime text merupakan salah satu aplikasi text editor ringan yang dapat kamu coba dan jadikan sebagai text editor andalan untuk menulis kode di komputer kamu.

Aplikasi ini dapat dikatakan terbilang ringan untuk berjalan di sebuah laptop/komputer yang hanya memiliki ram 2 GB saja.

Untuk saat ini sublime text telah berada pada versi keempat, meski sebelumnya yang telah banyak dikenal orang adalah sublime text 3.

3. Atom

Atom by staykoding

Atom, begitulah text editor ini dinamakan. Aplikasi ini selain handal juga merupakan salah satu text editor populer yang telah ada saat ini.

Atom dibuat dan dirancang oleh salah satu perusahaan yang sangat terkenal dikalangan para programmer, yaitu Github.

Siapa yang tidak tahu github, merupakan salah satu perusahaan maupun situs web yang memfasilitasi pengelolaan setiap kode kita pada platformnya di github.com.

4. Notepad++

Notepad++ by staykoding

Bagi programmer yang bermodalkan laptop dengan sistem operasi windows, mungkin sudah pernah mengenal akan aplikasi bawaan windows yaitu notepad.

Notepad merupakan text editor yang ada di sistem operasi windows, gunanya hanya sebagai text editor biasa dengan extension file yang dibuat biasanya berakhiran .txt

Akan tetapi notepad dengan notepad++ merupakan dua aplikasi yang berbeda. notepad adalah text editor biasa, sedangkan notepad++ adalah text editor khusus yang dibuat sebagai pengembangan tingkat lanjut daripada notepad.

Notepad++ merupakan aplikasi text editor ringan dengan banyak fitur pendukung untuk pemrograman sehingga memudahkan developer bekerja menulis kode.

5. Bracket

Bracket by staykoding

Bracket adalah text editor hasil karya dari perusahaan Adobe Inc. Perusahaan ini berada di San Jose, California Amerika.

Bracket cukup terkenal dikalangan programmer sebagai text editor yang dapat diandalkan ketika menulis kode-kode program.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga gratis digunakan serta dapat dijalankan di dua sistem operasi komputer seperti windows dan linux.

2. text editor di android

Aplikasi untuk text editor di android, tersedia banyak macam jenisnya.

Akan tetapi yang memiliki banyak fitur pendukung untuk melakukan aktivitas pemrograman, saya rasa untuk sekedar text editor di android terbilang masih sedikit.

Berikut beberapa text editor yang menjadi rekomendasi saya untuk kamu belajar koding di android!

1. Acode

Acode merupakan salah satu aplikasi text editor favorit saya selama ini, ketika bekerja menulis kode di hp android.

Itu karena aplikasi ini sangat mendukung untuk menulis kode-kode program dari banyaknya bahasa pemrograman di dunia ini.

Untuk sekedar mempelajari html saja, acode telah menggunakan fitur emmet yang dapat memudahkan para programmer untuk menulis kode-kode html dengan lebih cepat.

Mengenai text editor acode, sebanarnya saya telah membuat pembahasan secara lengkap melalui artikel saya sebelumnya di bawah ini.

Baca: Acode Aplikasi Kode Editor Terbaik di Android

Untuk tutorial di blog ini juga saya menggunakan acode dan smartphone android untuk membuat dan menampilkan hasil kodingan, jadi tidak menggunakan laptop/komputer

2. Anwriter free

Anwriter merupakan aplikasi text editor yang saya gunakan ketika awal-awal belajar html menggunakan hp android.

Dengan tampilan yang minimalis dan sederhana, aplikasi ini menjadi pilihan saya ketika pertama kali belajar html.

dan satu hal lagi, untuk melihat hasil dari setiap kode htmk yang kita buat, dapat secara langsung di jalankan melalui aplikasi ini.

Saran

Jika akan memilih maupun menggunakan salah satu text editor yang telah saya jelaskan diatas.

Silahkan pilih salah satu yang sekiranya akan menjadi favorit ketika mempelajari sebuah bahasa program seperti html.

Selain itu gunakan perangkat yang ada terlebih dahulu untuk memulai belajar bahasa program.

Apabila hanya mempunyai perangkat smartphone android saja, maka gunakan text editor khusus untuk android, begitu pula sebaliknya.

Satu lagi yang penting ada usaha terlebih dahulu untuk mempelajari sesuatu dengan gigih dan pantang menyerah.

Kesimpulan

Text editor menjadi kebutuhan wajib ketika akan bekerja menulis sebuah bahasa program. Tak hanya itu mengenal akan banyaknya text editor yang tersedia, akan membantu kita memilih mana yang terbaik untuk digunakan ketika akan bekerja, sehingga pekerjaan tersebut akan cepat terselesaikan.

Selanjutnya belajar apa?

Untuk berikutnya, sebaiknya mempelajari akan apa itu tag, atribut dan elemen dalam html. Hal ini juga sangat penting berkaitan dengan pemahaman akan bahasa markup html itu sendiri.

Comments