Belajar javascript 1: apa itu javascript dan fungsinya

apa itu javascript dan fungsinya

Bagi pemula yang baru menekuni dunia pemrograman mungkin belum pernah mengenal akan apa itu javascript dan fungsinya di dunia pemrograman yang dapat dikatakan luar biasa.

Javascript jika kita ketahui merupakan salah satu bahasa program yang dipakai untuk proses pengembangan daripada sebuah web.

Akan tetapi jika kamu tahu. selain untuk web, bahasa program ini juga banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi mobile, desktop dan lain sebagainya.

Jadi bahasa ini wajib kamu pelajari!

Di artikel ini kita akan membahas bahasa pemrograman javascript, mulai dari pengertiannya hingga mengetahui fungsi/kegunaannya yang bermanfaat di berbagai bidang.

Apa itu javascript?

Javascript adalah bahasa pemrograman yang berjalan di sisi client side browser, yang digunakan untuk proses pengembangan sebuah website, selain HTML dan CSS.

Jika HTML merupakan kerangka atau struktur daripada sebuah halaman web dan css adalah bahasa untuk mempercantik tampilan serta mengatur layout website itu sendiri.

Maka javascript adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk membuat halaman web yang interaktif.

html css dan javascript
html css dan javascript

Interaktif artinya halaman web tersebut dapat berinteraksi dengan user(pengguna) seperti adanya animasi serta perilaku lain yang terjadi di website itu sendiri.

Sebagai bahasa yang interaktif digunakan untuk pembuatan sebuah web, javascript dapat dibilang sebelumnya adalah programming language yang berjalan disisi klien browser (client side browser).

apa itu?

Nah jadi begini, selain disebut sebagai bahasa program javascript juga merupakan sebuah bahasa script.

Bahasa script sendiri tidak memerlukan adanya proses kompilasi kode, dengan kata lain dapat berjalan secara langsung di sebuah browser.

Dan perlu diketahui kalau memang browser lah yang menjadi mesin untuk menjalankan setiap kode javascript.

Karena hanya berjalan di sisi aplikasi browser, bahasa ini kemudian tidak dapat digunakan untuk sisi server.

Agar browser dapat berkomunikasi dengan server, gunakanlah bahasa seperti PHP, JAVA, PHYTON atau RUBY. Karena keempat bahasa tersebut terbukti dapat digunakan di sisi server

Tapi jangan berkecil hati, karena berkat kemajuan teknologi informasi serta adanya seorang programmer yang bernama Ryan Dahl akhirnya di tahun 2009 javascript dapat digunakan di sisi server.

Kok bisa?

Jadi oleh seorang programmer bernama Ryan Dahl ini, ia membuat sebuah runtime javascript yang dibuatnya dari mesin engine milik browser google chrome yang disebut dengan V8 engine.

Dari situlah lahirnya sebuah program runtime javascript yang disebut dengan node.js.

Program tersebut mampu mengubah javascript dari yang hanya berjalan di sisi klien browser, di rubah juga hingga bisa berjalan di sisi server.

Artinya hanya dengan satu bahasa saja, kita dapat kita dapat menggunakannya sekaligus tak hanha untuk membuat website statis akan tetapi juga dinamis.

mantap
mantap 👍 😁

Fungsi javascript

Berbicara mengenai fungsi di javascript, ada banyak kegunaan dan manfaat yang dapat dirasakan developer saat membuat dan mengembangkan projek dengan bahasa program ini.

Salah satu fungsinya adalah membuat web yang interaktif untuk bagian front-end(tampilan) serta dinamis dibagian back-end(pemrosesan data).

Tak hanya untuk web saja, bahasa yang satu ini juga dapat digunakan dalam bidang pengembangan aplikasi mobile baik itu tampilannya maupun pemrosesan data aplikasinya.

Lalu untuk pengembangan seperti aplikasi desktop, IOT(Internet Of Things) dll. Javascript juga telah banyak digunakan.

Kesimpulan

Javascript adalah bahasa yang multifungsi selain untuk pengembangan web, akan tetapi dapat juga digunakan dalam mobile apps, game development, desktop dan lain sebagainya.

Terimakasih telah membaca artikel ini semoga penjelasan akan apa itu javascript dan fungsi atau kegunaan yang ditawarkan oleh programming language yang satu ini, membuat anda semangat mempelajarinya.

semangat
Semangat belajar💪
Comments